BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MASA
Cara-cara perusahaan menggunakan internet untuk bisnis, dapat dibgai ke dalam beberapa kategori aplikasi besar yaitu sebagai berikut
a. Communication and Collaboration: internet menunjang komunikasi global yang realtime dan kolaborasi antarkaryawan, pelanggan, suppliers dan rekan bisnis yang lain.
b. Perdagangan elektronik (e-commerce) Internet, world wide web, dan teknologi berbasis internet lainnya menyediakan link ke perusahaan pelanggan dan pemasok.
c. Aliansi strategis, internet memungkinkan perusahaan untuk membentuk aliansi strategis dengan pelanggan, pemasok, konsultan, subkontraktor, dan bahkan para pesaing.
Proses interactive marketing dalam internet:
a. Segmentasi dan identifikasi pelanggan, riset pasar yang kemudian dapat menjangkau kelompok-kelompok yang relevan (target market)
b. Menyusun promosi, iklan dan materi produk/jasa, website dengan efek multimedia-audio dan video jika diperlukan.
c. Letakkan material komunikasi dalam internet. Untuk pemasaran push-based - pemasaran langsung, dengan menggunakan web, broadcaster, newsgroup, listery dan e-mail.
d. Berinteraksi dengan para pelanggan, dialog dengan pelanggan, diskusi interaktif antara para pelanggan tentang beberapa hal yang menyangkut, endorsement, testimonial dan Tanya jawab.
e. Belajar pada para pelanggan, mengelola masukan dari para pelanggan di dalam iklan dan strategi pemasaran.
f. Pelayanan pelanggan online, cepat, solusi yang ramah atas masalah pelanggan.
Pull marketing bergantung pada anda untuk mengakses layanan internet atau web (internal dan eksternal) dengan menggunakan browser web anda.
Push marketing, informasi yang dikirimkan pada anda dapat dari sumber dan topic dari pilihan anda, atau dapat dikirim kepada anda melalui intranet perusahaan anda sebagai opsional atau diharuskan membaca. Berikut karakteristik dari push marketing.
a. What it is: push mengumpulkan informasi dan secara otomatis mengirimkannya.
b. Possible uses: meningkatkan peluang penjualan dengan mengumpulkan dan mendistribusikan mereka ke perwakilan penjualan yang tepat.
c. Possible benefits: kemampuan untuk menyesuaikan informasi yang dikirim ke pengguna.
d. Possible risk: teknologi yang belum matang mungkin tidak bekerja dengan baik dengan jumlah data yang lebih besar atau lebih pengguna.
Alas an utama perusahaan membangun situs komersial di world wide web untuk mencapai empat tujuan bisnis utama yaitu:
a. Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan periklanan web;
b. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang sudah ada dari fungsi web layanan pelanggan
c. Mengembangkan pasar dan saluran distribusi baru berbasis web untuk produk yang ada
d. Mengembangkan informasi mengenai produk-produk baru yang dapat diakses di web
Enam kemampuan strategis dari internet, adalah sebagai berikut:
a. Global dissemination
b. Interaction
c. Customization
d. Collaboration
e. Electronical Commerce
f. Integration.
DASAR PERDAGANGAN ELEKTRONIK DAN SOSIAL SERTA UNTUK PERDAGANGAN
Untuk menghadapi pasar global, perdagangan elektronik merupakan salah satu strategi pemasaran. Strategi tersebut dijelaskan dengan berkomunikasi menggunakan teknologi internet. Titik berat dalam perdagangan elektronik terletak pada penggunaan internet untuk melakukan proses promosi, penjualan-pembelian, pembayaran dan layanan pelanggan.
Karakter dari model ekonomi yang ada dalam perdagangan elektronik: kemudahan akses, banyak peluang pasar yang akan terbentuk, terdapat banyak sumber keuntungan, tidak seorangpun yang menguasai pasar di internet, teknologi yang sama tersedia untuk semua orang, akses menuju ke sifat universal dan terdapat tempat untuk pemain yang sukses.
Perdagangan elektronik mencakup proses yang mencakup pengembangan, marketing, penjualan, pelayanan dan pembayaran produk atau jasa melalui internet serta merupakan sebuah komunitas virtual global antara pembeli dan penguasa jasa.
Melalui perdagangan elektronik, komunikasi yang terjadi dapat digolongkan menjadi 3 yaitu:
a. Perusahaan terhadap konsumen ( Business-to-Consumer Commerce )
b. Aplikasi perusahaan terhadap perusahaan lainnya ( Business to Business Commerce )
c. Proses internal perusahaan
Supply Chain Management adalah konsep manajemen yang menggabungkan proses manajemen rantai suplai.
Tujuan SCM adalah memotong biaya, meningkatkan keuntungan, meningkatkan kinerja dalam hubungannya dengan konsumen dan supplier serta mengembangkan nilai tambah pelayanan yang membuat perusahaan menjadi kompetitif.
Berikut adalah komponen dari SCM, yaitu manajemen pemasok, manajemen inventaris, manajemen distribusi, manajemen saluran komunikasi, manajemen pembayaran, manajemen financial, dan manajemen penjualan.
Pertukaran data elektronik berperan besar dalam pertukaran elektronik pada transaksi dokumen bisnis di seluruh jaringan komouter di antara rekan bisnis ( perusahaan/lembaga, konsumen dan suplier ). Data yang dipertukarkan mempresentasikan variasi dokumen transaksi bisnis, seperti pembelian, tagihan, permintaan dan lain-lain yang dipertukarannya dilakukan secara elektronik melalui jaringan computer dalam format teks dokumen.
Jenis web yang “ hidup “ dan diisi oleh penulis secara periodik sehingga menimbulkan fenomena baru yaitu blog dan social networking services ( SNS ) atau lebih populer dengan sebutan situs jejaring social.
Hasfi. Nurul September, 2014. Aplikasi Bisnis Dalam Cyber Media.
[Diakses 21/09/2016]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar