Rabu, 21 September 2016

APLIKASI BISNIS DALAM CYBER MEDIA

BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MASA


Cara-cara  perusahaan  menggunakan  internet  untuk  bisnis,  dapat  dibgai  ke  dalam  beberapa  kategori  aplikasi  besar  yaitu  sebagai  berikut
a. Communication  and  Collaboration:  internet  menunjang  komunikasi  global  yang  realtime  dan  kolaborasi  antarkaryawan,  pelanggan,  suppliers  dan  rekan  bisnis  yang  lain.
b. Perdagangan  elektronik  (e-commerce)  Internet,  world  wide  web,  dan  teknologi  berbasis  internet  lainnya  menyediakan  link  ke  perusahaan  pelanggan  dan  pemasok.
c. Aliansi  strategis,  internet  memungkinkan  perusahaan  untuk  membentuk  aliansi  strategis  dengan  pelanggan,  pemasok,  konsultan,  subkontraktor,  dan  bahkan  para  pesaing.
Proses  interactive  marketing  dalam  internet:
a. Segmentasi  dan  identifikasi  pelanggan,  riset  pasar  yang  kemudian  dapat  menjangkau  kelompok-kelompok  yang  relevan  (target  market)
b. Menyusun  promosi,  iklan  dan  materi  produk/jasa,  website  dengan  efek  multimedia-audio  dan  video  jika  diperlukan.
c. Letakkan  material  komunikasi  dalam  internet.  Untuk  pemasaran  push-based  -  pemasaran  langsung,  dengan  menggunakan  web,  broadcaster,  newsgroup,  listery  dan  e-mail.
d. Berinteraksi  dengan  para  pelanggan,  dialog  dengan  pelanggan,  diskusi  interaktif  antara  para  pelanggan  tentang  beberapa  hal  yang  menyangkut,  endorsement,  testimonial  dan  Tanya  jawab.
e. Belajar  pada  para  pelanggan,  mengelola  masukan  dari  para  pelanggan  di  dalam  iklan  dan  strategi  pemasaran.
f. Pelayanan  pelanggan  online,  cepat,  solusi  yang  ramah  atas  masalah  pelanggan.
Pull  marketing  bergantung  pada  anda  untuk  mengakses  layanan  internet  atau  web  (internal  dan  eksternal)  dengan  menggunakan  browser  web  anda.
Push  marketing,  informasi  yang  dikirimkan  pada  anda  dapat  dari  sumber  dan  topic  dari  pilihan  anda,  atau  dapat  dikirim  kepada  anda  melalui  intranet  perusahaan  anda  sebagai  opsional  atau  diharuskan  membaca.  Berikut  karakteristik  dari  push  marketing.
a. What  it  is:  push  mengumpulkan  informasi  dan  secara  otomatis  mengirimkannya.
b. Possible  uses:  meningkatkan  peluang  penjualan  dengan  mengumpulkan  dan  mendistribusikan  mereka  ke  perwakilan  penjualan  yang  tepat.
c. Possible  benefits:  kemampuan  untuk  menyesuaikan  informasi  yang  dikirim  ke  pengguna.
d. Possible  risk:  teknologi  yang  belum  matang  mungkin  tidak  bekerja  dengan  baik  dengan  jumlah  data  yang  lebih  besar  atau  lebih  pengguna.
Alas an  utama  perusahaan  membangun  situs  komersial  di  world  wide  web  untuk  mencapai  empat  tujuan  bisnis  utama  yaitu:

a. Menarik  pelanggan  baru  melalui  pemasaran  dan  periklanan  web;
b. Meningkatkan  pelayanan  kepada  pelanggan  yang  sudah  ada  dari  fungsi  web  layanan  pelanggan
c. Mengembangkan  pasar  dan  saluran  distribusi  baru  berbasis  web  untuk  produk  yang  ada
d. Mengembangkan  informasi  mengenai  produk-produk  baru  yang  dapat  diakses  di  web
Enam  kemampuan  strategis  dari  internet,  adalah  sebagai  berikut:
a. Global  dissemination
b. Interaction
c. Customization
d. Collaboration
e. Electronical  Commerce
f. Integration.



DASAR PERDAGANGAN ELEKTRONIK DAN SOSIAL SERTA UNTUK PERDAGANGAN

Untuk  menghadapi  pasar  global,  perdagangan  elektronik  merupakan  salah  satu  strategi  pemasaran.  Strategi  tersebut  dijelaskan  dengan  berkomunikasi  menggunakan  teknologi  internet.  Titik  berat  dalam  perdagangan  elektronik  terletak  pada  penggunaan  internet  untuk  melakukan  proses  promosi,  penjualan-pembelian,  pembayaran  dan  layanan  pelanggan.
Karakter  dari  model  ekonomi  yang  ada  dalam  perdagangan  elektronik:  kemudahan  akses,  banyak  peluang  pasar  yang  akan  terbentuk,  terdapat  banyak  sumber  keuntungan,  tidak  seorangpun  yang  menguasai  pasar  di  internet,  teknologi  yang  sama  tersedia  untuk  semua  orang,  akses  menuju  ke  sifat  universal  dan  terdapat  tempat  untuk  pemain  yang  sukses.
Perdagangan  elektronik  mencakup  proses  yang  mencakup  pengembangan,  marketing,  penjualan,  pelayanan  dan  pembayaran  produk  atau  jasa  melalui  internet  serta  merupakan  sebuah  komunitas  virtual  global  antara  pembeli  dan  penguasa  jasa.
Melalui  perdagangan  elektronik,  komunikasi  yang  terjadi  dapat  digolongkan  menjadi  3  yaitu:
a. Perusahaan  terhadap  konsumen  ( Business-to-Consumer Commerce )
b. Aplikasi  perusahaan  terhadap  perusahaan  lainnya ( Business  to  Business  Commerce )
c. Proses  internal  perusahaan
Supply  Chain  Management  adalah  konsep  manajemen  yang  menggabungkan  proses  manajemen  rantai  suplai.
Tujuan  SCM  adalah  memotong  biaya,  meningkatkan  keuntungan,  meningkatkan  kinerja  dalam  hubungannya  dengan  konsumen  dan  supplier  serta  mengembangkan  nilai  tambah  pelayanan  yang  membuat  perusahaan  menjadi  kompetitif.
Berikut  adalah  komponen  dari  SCM,  yaitu  manajemen  pemasok,  manajemen  inventaris,  manajemen  distribusi,  manajemen  saluran  komunikasi,  manajemen  pembayaran,  manajemen  financial,  dan  manajemen  penjualan.
Pertukaran  data  elektronik  berperan  besar  dalam  pertukaran  elektronik  pada  transaksi  dokumen  bisnis  di  seluruh  jaringan  komouter  di  antara  rekan  bisnis  ( perusahaan/lembaga,  konsumen  dan  suplier ).  Data  yang  dipertukarkan  mempresentasikan  variasi dokumen  transaksi  bisnis,  seperti  pembelian,  tagihan,  permintaan  dan  lain-lain  yang  dipertukarannya  dilakukan  secara  elektronik  melalui  jaringan  computer  dalam  format  teks  dokumen.
Jenis  web  yang  “ hidup “  dan  diisi  oleh  penulis  secara  periodik  sehingga  menimbulkan  fenomena  baru  yaitu  blog  dan  social  networking  services ( SNS )  atau  lebih  populer  dengan  sebutan  situs  jejaring  social.













Hasfi. Nurul September, 2014. Aplikasi Bisnis Dalam Cyber Media.
[Diakses 21/09/2016]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar