Selasa, 20 September 2016

Internet Sebagai Teknologi Sosial



Computer Mediated Communication

Computer Mediated Communication (CMC) merupakan media baru,yang menimbulkan dampak yang begitu besar. Media ini sudah terintegrasi dalam kehidupan fisik manusia, hubungan antarpersonal bahkan hingga level identitas personal, hingga pada akhirnya manusia tergantung pada komputer saat melakukan komunikasi.
Wood dan Smith (2005) dalam bukunya Online Communication mengidentifikasi bahwa sejauh ini CMC mempelajari tentang human beharvior yang terjadi dalam kegiatan komunikasi via mesin, misalnya saja, bagamaina perubahan kebiasaan manusia setelah ada e-mail, facebook, blog, dan lain-lain.
Computer mediated communication (CMC) adalah komunikasi yang dipisahkan oleh teknologi, dari paling sederhana, seperti surat, hingga paling canggih yaitu internet.
Immediated communication adalah komunikasi yang dilakukan face to face tanpa bantuan teknologi.
Lima bentuk CMC yang ditentukan oleh para ahli media online.
1. E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Dalam dunia komunikasi anterpersonal, e-mail sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang dekat dengan kita tapi saat ini sedang jauh secara fisik dari kita.
2. Bulletin Board System adalah layanan computer yang bisa diakses dengan computer jaringan, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi computer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program untuk keperluan Tanya jawab dan akses informasi serta untuk menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan. Diantara sistem ini menyediakan fasilitas untuk layanan e-mail, download file, dan chat. BBS ini  bisa dimanfaatkan untuk bertemu dengan semua orang di seluruh dunia untuk mendiskusikan suatu topik tertentu.
3. Internet Relay Chat adalah sitem komunikasi instan di internet yang bisa digunakan oleh banyak pemakai. Kekuatannya trdaftar pada server DALnet yang saat ini masuk dalam kategori server tujuh besar di internet. Pelayanan di DALnet didukung oleh para perusahaan hosting dan individu untuk melayani puluh ribu atau lebih orang-orang yang hendak ber-chatiing di DALnet setiap saat.
4. Multiuser Domain (MUD) adalah piranti dalam internet berupa permainan interaktif multiplayer yang memungkinkan user memerankan peran-peran fantasi dan mengeksploitasinya dengan orang lain. Jenis permainan yang paling popular adalah Multiuser Domain (MUD) atau kadang juga disebut dengan Multiuser Dungeon.
5. World Wide Web, salah satu bentuk dari CMC ini sering disebut sebagai “Web”. Web sendiri memiliki tingkat interaktivitas, seperti halnya s-mail, chat, BBS, dan MUD.


Cyberspace

Kata cyber dalam cyberspace berasal dari bahasa Yunani “kubernetes” yang berarti mengontrol. Noebert Weiner (dalam Wood dan Smith, 2003) mendefinisikan cyberspace sebagai ilmu tentang kontrol otomatis sistem. Cybernetik sendiri kemudian dikonsentrasikan untuk mempelajari tentang kualitas feedback dalam sebuah mesin dalam hal ini internet.
Dunia maya adalah realitas yang terhubung secara global, didukung komputer, berakses komputer, multidimensi, artificial, atau virtual. Dalam realita ini, di mana setiap komputer adalah sebuah jendela, terlihat atau terdengar objek-objek yang bukan bersifat fisik dan bukan representasi onjek-objek fisik, namun lebih merupakan gaya, karakter dan aksi pembuatan data. Sementara itu, Howard Rheingold (dalam konsep di mana kata, hubungan manusia, data, kekayaan dan kekuatan dimannivestasikan oleh manusia dengan menggunakan teknologi CMC.
Lima karakter yang dikemukakan oleh Sheizaf Rafaeli (dalam Wood dan Smith, 2003) yang akan membedakan antara bentuk komunikasi menggunakan channel internet dengan komunikasi menggunakan channel lain.
1. Packet-switching, sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet.
2. Multimedia, sebuah sistem komunikasi yang menawarkan perpaduan teks, grafik, suara, video, dan animasi. Akhir-akhir ini world wide web telah menyajikan streaming multimedia, atau audio dan video yang tersedia melalui website.
3. Interactivity, merupakan salah satu media baru yang paling banyak dibicarakan, dan mendapat tempat khusus di internet. Interactivity bisa dibilang karakter dari internet yang paling kuat disbanding dengan media lain.
4. Syncronity, konssep ini terjadi dalam dunia maya saat dua orang atau lebih melakukan CMC dalam waktu yang bersamaan. Ini terjadi saat kita melakukan konferensi di yahoo messenger dan saat chating di MIRC. Karakter syncronity yang dimilki internet juga memiliki kelemahan, di mana ekspresi nonverbal komunikator dan komunikan tidak bisa terbaca secara langsung.
5. Hypertextuality, Hyperlink sebenarnya adalah suatu bentuk khusus dari hypertext, sebuah istilah yang diperkenalkan pada tahun 1965 oleh Ted Nelson. Nelson mendefinisikan hypertext sebagai tulisan yang tidak berurutan. Salah satu kesulitan dalam hypertext adalah yang disebut navigation problem (masalah navigasi), yaitu kemungkinan tersesat dan tidak tahu ke mana selanjutnya harus pergi.


















Hasfi, Nurul September, 2014. Internet Sebagai Teknologi Sosial.
[Diakses 20/09/2016]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar